-->

41 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi (Surawung)

Daun Kemangi adalah daun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan, biasa juga sebagai salah satu bumbu bagi pepes. Tanaman Surawung ini bisa ditanam di halaman rumah, di pinggir jalan di kebun-kebun, di lapangan, dan di huma-huma.

41 Manfaat Daun Kemangi (Surawung) bagi kesehatan dan kecantikan

Di China, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan daun kemangi sebagi obat tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Kandungan Daun Kemangi (Ociumum sanctum L.)
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam Kemangi 3,7-dimetil-1,6-oktadien-3-ol (linaool 3,94 mg/g), 1-metoksi-4-2-(2-propenil) benzena (estragol 2,03 mg/g), metil sinamat (1,28 mg/g), 4 alil-2-metoksifenol (eugenol 0,896 mg/g), dan 1,8 sineol (0,288 mg/g) yang diidentifikasi dengan metode GC/MS.

Berikut adalah beberapa Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

1. Melawan Radikal Bebas
Daun kemangi memiliki antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Antioksidan tersebut adalah flavonoid dan eugenol yang mencegah pertumbuhan bakteri, birus dan jamur.

2. Memelihara kesehatan jantung
Daun kemangi kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang
Khasiat daun kemangi tersebut bukan tanpa fakta ilmiah yang membuktikan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi yang dapat membantu pertumbuhan tulang dari kandungan tersebut adalah kalsium dan fosfor yang mengatur pembentuk dan pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu, kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi berperan aktif merangsang fungsi kerja dan hormon estrogen dan hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

4. Meningkatkan selera makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika banyak orang mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau trancam. Manfaat kemangi bisa meningkatkan selera makan dan membuat makan menjadi lahap, karena aroma daun kemangi yang khas.

5. Melancarkan Aliran Darah Dalam Tubuh Kita
Daun kemangi dapat bermanfaat dan berkhasiat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang membantu merefleksikan jantung dan pembuluh darah sehingga dapat menjaga aliran darah tetap lancar.

6. Memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan
Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Manfaat kemangi untuk kesehatan reproduksi ini sangat penting bagi pasangan yang berencana untuk memiliki atau menambah keturunan.

7. Mengobati Panu
Manfaat daun kemangi tersebut dapat dilakukan dengan cara mengolah daun kemangi cukup segenggam daun kemangi yang dicuci bersih, lalu dihaluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih yang selanjutnya dibalurkan di bagian kulit yang terserang panu, dilakukan dua kali sehari.

8. Menurunkan kadar gula darah
Banyak orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi karena alasan tertentu atau aromanya yang menyengat. Namun, siapa sangka jika salah satu khasiat daun kemangi untuk kesehatan adalah menurunkan kadar gula darah. Kontrol gula darah Anda agar tetap normal dengan mengonsumsi kemangi secara teratur.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan beta karoten yang berperan meningkatkan respon antibodi, sehingga kekebalan tubuh meningkat.

10. Mencegah bau mulut dan bau badan
khasiat daun kemangi untuk kesehatan lainnya adalah mencegah bau mulut dan bau badan. Apabila Anda tidak suka dengan baunya jika harus disantap langsung, Anda juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

Untuk Mencegah dan penghilang baut mulut adalah dengan menggunakan biji, akar dan daun kemangi yang dibersihkan dan diseduh dengan air panas. Air seduhan tersebut dapat ditambahkan madu. Minumlah setiap pagi sebelum beraktifitas untuk manfaat daun kemangi yang efekif.

11. Dapat Memperbaiki Sel-Sel Yang Rusak
Kandungan beta karoten membantu sintetis protein yang mendukung proses pertumbuhan dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

12. Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria
John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan, bahwa khasiat kemangi untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

13. Meningkatkan Penglihatan
Kandungan beta karoten dan provitamin A yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan.

14. Mengatasi flu, sakit kepala, cacingan, dan sembelit
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University, khasiat kemangi ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

15. Kualitas Sperma
Manfaat daun kemangi untuk kualitas sperma karena kandungan zat arginin yang memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan.

16. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mencegah Ejakulasi Dini
Kandungan zat eugenol dan apigemin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

17. Mengatasi perut kembung, maag, masuk angin dan masalah usus
Masih dari hasil penelitian yang sama oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University, para ahli telah membuktikan manfaat daun kemangi mampu mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk. Selain itu, juga dapat mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung.

18. Mengobati Sariawan
Cara mengolah daun kemangi untuk mengobati sariawan dapat dilakukan dengan menggunakan sekitar 50 helai yang telah dicuci bersih. Selanjutnya dikunyah sekitar 3 menit. Setelah halus, daun kemangi dan airnya diminum hangat. Lakukan 3 kali sehari untuk manfaat daun kemangi mengobati sariawan secara maksimal.

19. Menghilangkan Mual dan Flu Dengan Cara Mudah
Cara mengolah daun kemangi untuk menghilangkan mual dan flu adalah dengan mengeringkan daun kemangi dan kemudian diseduh layaknya teh. Minum air teh kemangi dua kali sehari dan badan akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

20. Sebagai minyak pijat
Manfaat kemangi bisa dijadikan bahan untuk memijat. Daun kemangi bisa disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi di mana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma.

21. Meredakan Perut Kembung
Cara mendapatkan manfaat daun kemangi sebagai obat pereda perut kembung adalah dengan merebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

22. Untuk Asam Urat
Daun kemangi dapat bermanfaat dan berkhasiat dalam meringankan asam urat karena purin yang berlebih. Kandungan daun kemangi yang memiliki khasiat meringankan asam urat adalah cineole, myrcene, dan eugenol sebagai antiperadangan dan antibiotik.

23. Untuk Mengusir Nyamuk
Daun kemangi dapat anda gunakan dalam mengusir nyamuk aroma khas dari daun kemangi.

24. Menyehatkan otak
Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi daun kemangi sangat membantu dalam mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang diamati untuk meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini dikaitkan dengan refleks mental. Ramuan ini juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran – meningkatkan fungsinya.

Metabolisme glikosilceramida juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

25. Untuk Jerawat
Daun kemangi dapat membuat wajah anda bersih dari jerawat yang mengganggu. Khasiat daun kemangi yang dapat memperlancar peredaran darah sehingga wajah menjadi lebih sehat, halus, bersih, kencang serta bersih dan tentu saja hal ini dapat bermanfaat dalam menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda.

26. Anti Penuaan
Daun kemangi mengandung banyak antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit dan otak bisa menjadi penyebab utama penuaan. Antioksidan dalam herbal akan membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama.

27. Untuk Ereksi
Manfaat daun kemangi untuk pria pada kejantanan yaitu ereksi yang dapat membuat anda tahan lama dalam berhubungan suami istri.

28. Mengatasi epilepsi
Khasiat daun kemangi yang telah diekstrak dapat mengurangi aktivitas spasmodik di otak. Studi lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk sistem saraf.

29. Untuk Cepat Hamil
Kandungan daun kemangi yang memiliki khasiat untuk cepat hamil dan tentu saja mencegah kemandulan adalah senyawa anetol dan boron yang berfungsi merangsang produk hormon estrogen, hormon perempuan.

30. Melancarkan ASI
Daun kemangi juga bermanfaat dapat melancarkan ASI, sehingga produksi ASI anda lebih banyak. Cara mengolah daun kemangi untuk manfaat melancarkan ASI adalah dengan menghaluskan daun kemangi, daun beluntas, daun kunyit. Peras dan minum air perasannya secara teratur.

31. Mengatasi arthritis
Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Daun kemangi ditemukan mengandung beta-caryophyllene, yang dapat mengatasi nyeri yang efektif. Mereka juga bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar di persendian yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mereka bebas artritis karena penggunaan daun kemangi dalam makanan mereka.

32. Mengatasi Badan Lesu
Cara membuat badan tetap bugar sehingga anda lebih bersemangat dalam beraktifitas adalah dengan melalap daun kemangi segar bersama hidangan sehari-hari.

33. Sebagai Pereda Batuk
Manfaat daun kemangi sebagai pereda batuk atau obat batuk sudah lama digunakan di Benua Afrika dan India yang diolah menjadi teh. Cara mendapatkan manfaat daun kemangi tersebut adalah menyeduh daun kemangi segar dengan air panas yang diberi sedikit madu. Minumlah selagi hangat.

34. Menyehatkan kulit
Manfaat kemangi bagi tubuh selanjutnya dapat memelihara kesehatan kulit. Minyak daun kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit yang sangat baik dan sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

35. Untuk Mengencangkan Kulit
Kandungan vitamin C dari daun kemangi bermanfaat dalam memelihara elastitas kulit dan membantu penyerapan zat besi dan kalsium.

36. Pencegahan Komedo
Komedo sangat mengganggu penampilan anda, dan biasanya dalam menghilangkan komedo memerlukan biaya yang relatif mahal untuk pembelian produk-produk penghilang komedo. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi dengan menghilangkan komedo anda karena daun kemangi memiliki manfaat dan khasiat dalam mencegah dan menghilangkan komedo dengan menempatkan komde disisi hidung selama 5 menit. Setelah itu lepas dan cuci muka.

37. Kendalikan diabetes
Manfaat daun kemangi baik untuk diabetes. Konsumsi kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ramuan daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

38. Untuk Rambut Beruban
Daun kemangi dapat dijadikan dalam mencegah rambut beruban dengan merendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan tersebut keesokan harinya. ramuan manfaat daun kemangi tersebut mencegah rambut beruban dan rontok.

39. Untuk Rambut Rontok
Rambut rontok biasanya terjadi karena gatal kulit kepala. Cara mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut rontok dengan manfaat daun kemangi adalah pasta dari daun kemangi yang ditambahkan dengan minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala untuk menjaga kulit kepala tetap dingin.

40. Untuk Wanita Yaitu Keputihan
Manfaat daun kemangi yang dapat mengatasi keputihan karena kandungan senyawa eugenol yang membunuh jamur penyebab keputihan.

41. Untuk Mengatasi Stroke
Daun kemangi bermanfaat dalam mengatasi stroke dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (arteri). Kandungan isoflavon daun kemangi yang juga terdapat pada kacang-kacangan yang juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

Nah, itulah 41 manfaat daun kemangi yang bisa Anda dapatkan, maka dari itu jangan ragu untuk mengonsumsi daun kemangi secara rutin tubuh tetap segar dan bugar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "41 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi (Surawung)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel